Ibu hamil perlu memilih makanan yang di konsumsinya sehingga akan membuat kehamilan tetap sehat dan menghindari hal yang tidak diinginkan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang baik bagi ibu hamil dan penting agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan, sehingga tetap mendapatkan manfaatnya secara optimal. Salah satu bahan yang dapat dikonsumsi saat hamil yang bagus untuk ibu hamil dan janin adalah jambu biji. Buah in mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan yaitu serat, fosfor, zat besi, kalium, vitamin, dan juga kalsium. Pilih juga jenis jambu biji yang mempunyai isi sedikit bahkan tidak ada sama sekali seperti dari jenis jambu biji kristal sehingga lebih nyaman untuk mengonsumsinya. Berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi jambu biji untuk kesehatan ibu hamil dan janin adalah:

Mencegah Komplikasi Kehamilan

Manfaat kesehatan pertama yang diberikan ketika mengonsumsi jambu biji bagi ibu hamil adalah dapat mencegah terjadinya komplikasi kehamilan yang bisa membahayakan kehamilan. Hal tersebut karena jambu biji mempunyai kandungan yang kaya akan vitamin C. Kandungan ini bersama dengan vitamin E akan dapat meningkatkan antioksidan sehingga dapat mencegah efek buruk dari radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif yang dapat menyebabkan peradangan dan bisa mengganggu kesehatan. Dengan mengonsumsi jambu biji dapat untuk melindungi dari peradangan tersebut sehingga mencegah terjadinya komplikasi kehamilan.

Mencegah Bayi Lahir Berat Badan Rendah

Apabila bayi lahir dengan berat badan rendah mempunyai resiko lebih tinggi bahkan juga bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itulah jasa kesehatan selama kehamilan dan penuhi gizi yang dibutuhkan agar bayi lahir normal dengan kondisi yang sehat. Mengonsumsi jambu biji dapat untuk bermanfaat bagi perkembangan janin karena kaya akan zat besi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi ekstra darah yang dapat memberikan manfaat untuk memberikan asupan makanan dan oksigen. Sehingga agar mencegah bayi lahir dengan berat badan lahir rendah dan anemia pada ibu bisa mengonsumsi jambu biji secara rutin.

Mendukung Perkembangan Otak Bayi

Di saat kehamilan perlu untuk mendukung perkembangan obat bayi. Jambu biji mempunyai kandungan zat besi dan asam folat yang dapat untuk memproduksi sel darah merah. Hal tersebut akan bermanfaat karena dapat menunjang perkembangan obat janin dan sumsum tulang belakangnya. Jambu kristal menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan manfaat folat tersebut, karena kandungan folatnya yang tinggi. Apabila kekurangan folat bisa menyebabkan bayi lahir cacat tabung saraf.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat terakhir jambu biji mengapa bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil adalah dapat untuk menurunkan tekanan darah. Jambu biji dibutuhkan untuk yang mempunyai hipertensi saat sedang hamil. Sehingga dengan mengonsumsi jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga keseimbangan tekanan darah. Jambu biji mempunyai kandungan enzim yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Mengonsumsi jambu biji saat sedang hamil tersebut bisa dengan banyak cara. Ibu hamil bisa untuk membuatnya sebagai jus, sehingga akan lebih mudah dan aman untuk dikonsumsi. Karena tentunya dengan biji yang banyak akan mengganggu untuk makan jambu biji. Oleh karena itulah pilih pengolahan yang bisa membuat lebih nyaman ketika makan jambu biji yaitu dengan dibuat jas, dipotong kecil-kecil, ataupun dibuat bahan makanan lainnya. Pilih juga jambu kristal dengan biji sedikit bahkan tidak ada biji yang bisa didapatkan dengan mudah di TaniHub.