Seiring pesatnya perkembangan teknologi saat ini, pembiayaan dan permodalan mengalami perubahan dan kemajuan yang cukup signifikan. Salah satu cara mendapatkan modal usaha yang mulai berkembang pesat akhir-akhir ini yaitu crowdfunding

Bagi sebagian orang mungkin crowdfunding OJK masih terasa asing di telinga, namun praktik pendanaan ini semakin banyak diminati karena dinilai lebih praktis dan tidak ribet. Sebenarnya apa itu crowdfunding? Bagaimana cara kerjanya? Berikut ulasannya.

Apa itu Crowdfunding?

Crowdfunding merupakan praktik pendanaan yang dilakukan dengan mengumpulkan modal dari berbagai pihak. Pihak penanam modal dapat berupa perorangan, lembaga, maupun masyarakat umum. Kehadiran crowdfunding menjadi secercah harapan bagi para pengusaha kecil yang ingin mendapatkan modal secara cepat dan mudah.

Penanam modal di crowdfunding atau urun dana bersedia mengucurkan dana dengan berbagai alasan. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Tertarik dengan ide yang ditawarkan. Kampanye dan promosi yang menarik serta tawaran ide yang visioner dapat menarik minat para partner untuk menanamkan modal.
  • Terikat secara emosional. Adanya keterkaitan emosi dengan ide yang ditawarkan dapat menjadi magnet tersendiri bagi para partner untuk menanamkan modalnya.
  • Tertarik pada imbalan atau keuntungan yang akan dicapai. Tak bisa dimungkiri, salah satu hal yang menjadi faktor utama penarik para penanam modal adalah imbalan yang ditawarkan. Benefit yang menjanjikan dan profit yang tinggi dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para partner.

Sistem Kerja

Crowdfunding merupakan cara mendapatkan modal usaha modern yang berbasis pada website. Website menjadi tempat bertemunya pemilik proyek dengan supporter atau partner yang menanamkan modal. Sedangkan pemilik website disebut sebagai penyedia platform. Ketiganya memiliki peran masing-masing untuk menciptakan suatu kondisi yang kondusif demi terlaksananya proyek dan tercapainya tujuan masing-masing pihak.

Banyak juga start-up yang memanfaatkan crowdfunding sebagai cara mendapatkan modal usaha secara cepat dan praktis. Dana yang didapat dari para supporter atau partner dapat digunakan untuk membiayai start-up atau para pengusaha yang mengajukan pinjaman dana untuk melebarkan sayap bisnis mereka.

Amartha Hadir sebagai Salah Satu Cara Mendapatkan Modal Usaha Tepercaya di Indonesia

Di Indonesia mulai bermunculan platform crowdfunding Indonesia, salah satunya yaitu Amartha. Amartha hadir sebagai platform website crowdfunding yang menyediakan kesempatan bagi masyarakat umum yang ingin menjadi pemberi pinjaman (lender) via Peer-to-Peer (P2P) Lending atau penanam modal melalui Equity Crowdfunding, sekaligus menjadi cara mendapatkan modal usaha secara mudah dengan bunga yang kompetitif.

Amartha merupakan platform peer-to-peer (P2P) Lending yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga keabsahannya tidak perlu diragukan lagi. Cara mendapatkan modal usaha dari Amartha sangatlah mudah, Anda bisa mengajukan pinjaman dana secara online dengan syarat yang mudah dan tidak berbelit.

Kemudahan yang ditawarkan Amartha

Amartha menawarkan berbagai kemudahan dan kepraktisan dibanding dengan melakukan peminjaman pada bank. Beberapa kemudahan yang ditawarkan antara lain:

1. Pengajuan Pinjaman secara Online

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang, Amartha tentu menjadi cara termudah untuk mendapatkan kucuran modal secara cepat dan praktis karena semuanya berbasis online. Untuk mendapatkan dana pinjaman, Anda hanya perlu mengisi berkas secara online dan memenuhi peryaratan yang ditentukan. Waktu pengisian berkas hanya berkisar 5 menit saja.

Setelah Anda mengisi berkas, Anda juga perlu mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan untuk verifikasi. Setelah melalui proses verifikasi dengan pihak Amartha maka proses penggalangan dana pinjaman bisa segera dimulai.

2. Proses yang Mudah dan Singkat

Kecanggihan tehnologi membuat analisis data dapat dilakukan secara cepat oleh pihak Amartha. Lama waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk memproses pengajuan pinjaman bervariasi tergantung kelengkapan dokumen, tetapi rata-rata bisa diselesaikan dalam waktu 3 hari.

3. Jaminan Keamanan Data

Amartha juga menjamin keamanan data pribadi Anda serta menjamin keamanan transaksi finansial yang dilakukan di situs tersebut. Amartha juga terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membuat meminjam dana usaha lebih aman.